Rabu, 27 April 2011

Agama Samawi dan Agama Riyadh


Agama merupakan unsur yang esensial bagi kehidupan manusia. Terdapat banyak agama yang ada sekarang ini baik agama yang masuk dalam agama yang diakui dalam sebuah negara maupun agama yang belum dinyatakan sebagai agama resmi suatu negara. Dari sekian banyak agama, islam menggolongkannya menjadi dua yaitu agama samawi atau sering dikenal dengan agama langit dan agama riyadh yaitu agama bumi. Dengan demikian terdapat pula persepsi adanya agama kebudayaan dalm islam. Dari agama langit atau agama wahyu, lahir kebudayaan sebagai sistem simbol dan kemudian berkembang peradaban sebagai wujud material kebudayaan.
Tedi Sutardi dalam Antropologi Mengungkap Keberagaman Budaya menyatakan bahwa Religi meliputi kepercayaan terhadap kekuatan gaib yang kekuataannya lebih tinggi daripada manusia dan mencangkup kegiatan-kegiatan yang dilakukan manusia untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan kekuatan-kekuatan gaib tersebut. Agama sukar dipisahkan dari budaya karena agama tidak mungkin dianut tanpa budaya. Agama tidak tersebar tanpa budaya dan budaya akan tersesat tanpa agama.
Di dunia kini dikenal dua aliran besar agama yaitu agama bumi atau Riyadh dan agama langit atau samawi. Agama riyadh merupakan agama yang muncul dari filsafat kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Agama ini bisa muncul dari pemimpin masyarakat atau dari penggagas agama tersebut . Agama Riyadh yang berasal dari akal pikiran manusia sering disebu agama budaya.  Yang termasuk Agama Riyadh adalah Agama Hindu, Budha, Konghuchu, dll. Ciri-ciri agama bumi yaitu :
§  Konsep ketuhanan tidak monotheis
§  Tidak disampaikan oleh nabi atau rasul sebagai utusan Tuhan
§  Kitab sucinya bukan berasal dari wahyu Tuhan
§  Dapat berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada masyarakatnya
§  Kebenaran ajaran dasarnya tidak tahan kritik terhadap akal manusia
§  Sistem merasa dan berpikirnya sama dengan sistem merasa dan berpikir masyarakat penganutnya

Yang kedua yaitu agama langit atau Agama Samawi. Agama Samawi adalah agama yang berasal dari Tuhan. Inti dan tuntunan dalam Agama Samawi berasal wahyu Tuhan yang diturunkan melalui nabi atau rasul sebagai utusan Tuhan. Yang termasuk ke dalam Agama Samawi adalah Islam, Kristen, dll. Ciri-ciri Agama Samawi adalah :
·         Konsep ketuhanannya monotheisme
·         Disampaikan oleh nabi/rasul sebagai utusan tuhan
·         Mempunyai kitab suci yang berdasarkan dari wahyu tuhan
·         Tidak berubah meskipun masyarakat penganutnya berubah, begitupun sebaliknya
·         Kebenaran ajaran dasarnya tahan uji terhadap kritik menurut akal manusia
·         System merasa dan berpikirnya tidak sama dengan system merasa dan berpikir masyarakat penganutnya
Dengan demikian terdapat konsep yang berbeda antara agama langit dengan agama bumi tentang dasar dan entitas dalam agamanya namun secara esensial agama keduanya sama saja yaitu kedamaian dalam masyarakat dan kehidupan yang baik bagi pengikutnya di dunia maupun kehidupan setelahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar