Senin, 03 Januari 2011

Saya Besyukur Sejarah

Bukan jurusan favorit
Bukan pelajaran yang menyenangkan
Masa depan yang ada belum menjanjikan
Itulah sebagian kecil dari pernyataan orang-orang yang mengetahui bahwa jurusan yang saya ambil dalam menempuh kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang katanya terbaik di negeri ini yaitu jurusan Sejarah tepatnya kalau di UI namanya Ilmu Sejarah.
bagaimanakah mereka bisa menilai sesuatu yang mereka belum tahu keberadaannya. Kenapa harus ada penilaian sepihak.
Dijurusan ini memang sedikit yang muncul sebagai orang besar di negeri ini tapi banyak lulusan jurusan ini yang banyak membawa pengaruh untuk sekitar bahkan Indonesia. Apakah orang hebat harus terkenal ? apakah orang hebat harus kaya ?
Banyak poin dalam jurusan ini tepatnya jurusan Ilmu Sejarah FIB UI yang memberikan pengaruh lebih dalam berpikir dan bertindak.
Bagaimana mungkin kesalahan yang terjadi pada masa lalu dapat terjadi (lagi) pada saat ini ?
Bukankah itu bagian dari tidak maunya orang-orang untuk mempelajari kehidupan bangsanya di masa lalu yang membuat kesalahan itu juga terjadi pada saat ini.
Sejarah mengajarkan negeri ini semuanya. Dia begitu lugu untuk menggambarkan dan menjelaskan apa kebobrokan negeri ini. Tetapi dia juga menyimpan banyak kenangan terhadap kejayaan negeri ini. Negeri yang katanya sangat subur hingga tongkat dan kayu bisa menjadi tanaman.
Sejarah begitu indah hingga ia pun akan mengindahkan siapa yang mengindahkannya.

Penilitian dalam membuatnya pun tidak sebatas dengan kemampuan untuk menjelajah atau menulis, tetapi lebih dari itu. kejujuran dan profesionalisme dalam tindakan dan bekerja memberikan nilai plus yang besar terhadap penelitiannya.
Penerimaan terhadap kesaksian narasumber juga menjadi pembelajaran tersendiri. Dalam mencari informasi kami (baca: mahasiswa ilmu sejarah) tidak serta merta dengan begitu saja dapat menetapkan seseorang sebagai narasumber dari suatu penelitian panulisan sejarah tetapi kami harus mengetahui sejauh mana keberadaan dia dari peristiwa sejarah yang dimaksud. Dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun sifat kritis dalam menghadapi issue apapun, bagaimana mungkin ilmu yang sangat berguna dan bernilai ini bisa dipandang sebelah mata ?
ahh .. mungkin mereka belum mengetahui bagaimana cara mainset kami bekerja

Dan yang saya tahu jurusan ini sangat menarik, bagaimana mungkin kejadian masa lalu bisa ditelaah dan direkonstruksi ulang untuk pembelajaran untuk peradaban manusia yang lebih baik bahkan untuk kebaikan perjalanan suatu bangsa.

Ini hanyalah pandangan subjektif dari seorang mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah yang sedikit menceritakan mengenai jurusannya.
Tentu isi yang ada di dalamnya berdasarkan pengelaman saya belajar di jurusan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar